Data Bergerak akan Lampaui Trafik Suara pada 2011

JAKARTA - Seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan yang mengakses Internet dan meng-unduh data melalui peranti bergerak, pertumbuhan trafik data bergerak (mobile data) naik dua kali lipat setiap tahun.

Bahkan Nokia Siemens Networks memperkirakan bahwa dengan tingkat pertumbuhan saat ini, pada 2011 data bergerak akan melampaui trafik suara dan tumbuh secara eksponensial hingga 2013.

Dalam memenuhi kebutuhan trafik data yang tumbuh pesat ini Nokia Siemens Networks telah berhasil mencapai tonggak bersejarah dengan melayani 500 juta pengguna data bergerak, setara dengan sekitar 40 persen trafik data bergerak di seluruh dunia saat ini.

Faktor pendorong yang membuat Nokia Siemens Networks dapat menempati posisi terdepan adalah beragam solusi inti paket (packet core) yang memungkinkan para operator menangani pelanggan layanan bergerak dalam jumlah besar.

Solusi ini dipadukan dengan inovasi teknik seperti Direct Tunnel, yang menyediakan arsitektur konektivitas "flat" yang lebih sederhana bagi operator. Solusi ini membuat peningkatan kapasitas seiring pertumbuhan trafik menjadi lebih mudah dan, yang lebih penting lagi, secara komersial menguntungkan.

"Sejak awal kami menyadari bahwa untuk membantu operator sukses dalam bisnis mereka, kami harus inovatif," kata head of Converged Core Nokia Siemens Networks Jürgen Walter, melalui keterangan resminya, Rabu (29/7/2009).

"Meskipun kami melihat trafik data meningkat pesat, tidak demikian halnya dengan pendapatan operator. Hal ini berarti fokusnya pada menurunkan biaya pengiriman data. Kami telah merintis teknologi Direct Tunnel untuk menyediakan by-pass konektivitas untuk volume data yang sangat besar sehingga kami dapat memberikan nilai yang signifikan bagi para pelanggan kami," tambahnya.

Direct Tunnel mengantarkan pada arsitektur yang sepenuhnya "flat", yang merupakan arsitektur target untuk Evolved Packet Core (EPC) dan Long Term Evolution (LTE).
manyoen-26

technology news © 2008 Template by:
faris vio