Sejarah hacker

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan jika ingin, dapat membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer,

administrasi dan hal-hal lainnya, terutama keamanan.

Istilah hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium buatan Intelijen Massachusetts Institute of Technology (MIT). Siswa kelompok merupakan salah satu perintis dan pengembangan teknologi komputer dengan jumlah mereka berkutat Mainframe komputer. Kata hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian di bidang komputer dan komputer dapat membuat program yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama.

Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan mengendalikan sistem komputer. Pasalnya, pada tahun ini untuk pertama kalinya di FBI menangkap penjahat komputer 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 komputer, komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering ke komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos.1 dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena TESTIMONIAL, sementara 5 lainnya untuk mendapatkan hukuman percobaan.

Para hacker memiliki konotasi negatif karena aksi-aksinya yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan situs web, menyisipkan kode virus, dan sebagainya. Hacker menggunakan tengah keamanan belum ditetapkan oleh perangkat lunak (bug). Namun di masa lalu, dan sebagian hacker untuk hari ini, masih mempertahankan budaya penganalisaan sistem.Atas hacker ini alasan yang biasanya dibagi dalam 2 kelompok White Hat Hackers dan Black Hat Hackers, dimana fungsi dan pekerjaan yang dilakukan berbeda.

White hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada sebuah etika hacker yang menunjukkan kelemahan dalam sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya bagaimana melindungi sebuah sistem

Black hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada hacker yang mereka pelanggaran keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer yang terhubung ke jaringan. Istilah cracker diajukan oleh Richard Stallman untuk mengacu kepada peretas dalam arti ini.

Gambaran Hacker

Dennis M. Richie Dennis lahir di Bronxiville, New York pada tanggal 9 September 1941. Ia memperoleh gelar BSc di bidang Fisika dan gelar PhD Matematika Terapan di Harvard University. Pada tahun 1967, setahun sebelum tesis doktoralnya, ia mengikuti ayahnya bekerja di Laboratorium Bell. Dia kemudian bekerja sama dengan Ken Thompson dalam menulis sistem operasi UNIX, sistem operasi pertama yang dapat dengan mudah digunakan di berbagai jenis komputer. Untuk menghasilkan sistem operasi semacam itu, Ken, dan ia menyempurnakan bahasa pemrograman Ken B dan C maka bahasa yang digunakan untuk menulis UNIX.

technology news © 2008 Template by:
faris vio